Hari Lingkungan Hidup di Masa Pandemi COVID 19

By SMP Negeri 2 Kraksaan 04 Agu 2020, 19:50:55 WIB Pendidikan
Hari Lingkungan Hidup di Masa Pandemi COVID 19

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) jatuh pada 5 Juni setiap tahunnya. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat global tentang pentingnya aksi positif dalam menjaga alam dan bumi. Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini mengangkat tema yang berbeda-beda.Pada 2020 ini tema besar yang diangkat adalah Time for Nature dengan fokus pada 'Biodiversity' atau 'Biodiversitas' atau 'Keanekaragaman Hayati'.Maksudnya, kita diingatkan untuk melindungi dan melestarikan satu juta spesies tumbuhan dan hewan yang sedang menghadapi kepunahan. Kepunahan berbagai spesies tumbuhan dan hewan ini dapat disebabkan perubahan iklim dan perbuatan manusia yang masih memburu satwa, membabat hutan, dan mencemari lingkungan. Padahal keanekaragaman hayati ini penting untuk kehidupan manusia. Bayangkan, sumber makanan dan obat-obatan yang kita konsumsi sehari-hari berasal dari tumbuhan dan hewan.

Makanan yang kita makan, udara yang kita hirup, air yang kita minum. Dan iklim yang membuat planet kita layak huni, semua berasal dari alam. Untuk merawat diri kita sendiri, kita harus memelihara alam. Sudah waktunya, untuk memelihara alam lebih baik bagi manusia dan planet ini.” Begitu antara lain sambutan Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 5 Juni 2020.

Hari Lingkungan Hidup tahun ini berpusat di Kolumbia, kala dunia terkena pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) dengan tema,”Biodiversity, Time for Nature.” Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, mengatakan, timbulnya bencana pandemi COVID-19 ini, menunjukkan, bahwa kalau manusia merusak keragamanhayati, juga merusak sistem pendukung kehidupan manusia. Pandemi COVID-19 ini juga memberikan pelajaran berharga bagi kita semua untuk menjaga keseimbangan alam.

Pada masa pandemi  COVID-19 saat ini, siswa – siswi  SMP Negeri 2 Kraksaan harus lebih banyak beraktifitas di rumah dengan pengawasan orang tua. Peran orang tua atau keluarga untuk mengajarkan anak-anak untuk mencintai lingkungan melalui hal – hal yang paling kecil di masa pandemi ini.  Orang tua harus bisa mengajarkan dan memberi contoh bagaimana mencintai flora dan fauna dan termasuk meningkatkan kualitas lingkungan yang sehat. Mari hari ini kita jadikan momentum  untuk  mengajak peserta didik  SMP Negeri 2 Kraksaan dapat  melestarikan lingkungan  di mulai dari rumah sendiri , tegas Kepala Sekolah Bpk. Miswagiyanto, M.Pd.

Tim Adiwiyata memperingati hari lingkungan hidup  pada masa pandemi ini  memberikan tugas secara online kepada tim pokja tentang kegiatan di rumah dalam  melestarikan lingkungan di rumah sendiri. Tugas setiap pokja di kirim ke Tim Adiwiya dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran  dalam melestarikan lingkungan. Adapun tugas   di rumah berupa foto satu kegiatan yang harus dipilih oleh  siswa .

Adapun tugas kegiatan siswa :

  1. Memilah sampah organic dan anorganik
  2. Mendaur ulang sampah anorganik
  3. Menuliskan prokol kesehatan di masa pandemi covid 19
  4. Merawat tanaman
  5. Merawat satwa peliharaan

Gambar ilutrasi tentang lingkungan hidup di masa pandemi covid 19




Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment