Jumpalitan di Masa Pandemi Covid 19

By SMP Negeri 2 Kraksaan 26 Nov 2020, 11:05:00 WIB Pendidikan
Jumpalitan di Masa Pandemi Covid 19

Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Tujuan Program Adiwiyata di sekolah untuk menjadikan sekolah tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah untuk turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Salah satu keuntungan mengikuti Program Adiwiyata meningkatkan kondisi belajar mengajar yang nyaman dan kondusif serta tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar.

Prinsip dasar program Adiwiyata :

  1. Partisipatif : Sekolah terlibat langsung mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang menjadi peran adalah sekolah
  2. Berkelanjutan : seluruh kegiatan dilakukan secara terencana dan berkelanjutan yang terus menerus secara utuh.

Program Adiwiyata yang harus dikembangkan berdasarkan norma-norma kehidupan yang meliputi kebersamaan, keterbukaan, keadilan, kejujuran dan kelestarian lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Pengelolaan Pembelajaran Adiwiyata SMP Negeri 2 Kraksaan Pada Masa Pandemi Covid 19

Dalam dunia pendidika proses pembelajaran pada masa pandemi berubah 180 derajat, kita tidak menduga dan tidak ada persiapan yang matang pada masa pandemi, dimana pembelajaran yang semula dilakukan tatap muka kini berubah menjadi online. Pembelajaran daring menjadi solusi alternative pada masa pandemic covid19 ini. Sejumlah aplikasi ditawarkan missal, Goole Clasroom, Zoom, Microsoft Teams dan WhatsApp (WA), ini sebagai daring interaksi guru dan siswa. Tugas guru harus bisa mengelola dan mengefektifkan proses pembelajaran di rumah atau home learning dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan penularan virus corona, juga guru harus melakukan pengawasan dan pengendalian tugas home learning. Sesuai dengan prisip dasar Adiwiyata berkelanjutan : di masa pandemi ini program adiwiyta dilakukan dengan home learning.

Pelaksanaan gerakan PBLHS ( Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah )

Pelaksanaan pembelajaran , ekstrakurikuler dan pembiasaan diri mengintegrasikan aksi penerapan PBLHS di sekolah, yang meliputi kebersihan,sanitasi, drainase, pengolahan sampah, penanaman dan pemeliharaan pohon, konservasi air dan konsevasi energi. Hubungan adiwiyta dan pandemic covid19 , sekolah yang sudah menerapkan aksi PBLHS berarti sudah terbiasa mengapilkasi kebersihan misal dalam mencuci tangan sesuai dengan protokol kesehatan. Dengan PBLHS sekolah mengajari siswa untuk mencuci tangan, jaga jarak, pakai masker , dengan mengaplikasikan PBLHS berarti kita dapat menghindari terpaparnya covid 19, yang semakin hari semakin meningkat di Indonesia.

Program Adiwiyata dan Pengembangan Pendidikan Karakter JUMPALITAN ( Jum’at Bersih, Sehat, Peduli Lingkungan dan Tretan ) Pada Masa Pandemi Covid 19 di SMP Negeri 2 Kraksaan

Pengembangan pendidikan Karakter di SMP Negeri 2 Kraksaan yang ada hubungannya dengan lingkungan yaitu : Lisa ( Lihat Sampah Ambil ), STM ( Setiap Tamu Menanam ), BSCT ( Buang Sampah Cuci Tangan ), Gegemsulur ( Gerakan Gemar Minum Susu dan Telur ), dan Jumpalitan. Jumpalitan adalah program pengembangan karakter yang bisa diharapkan untuk menjadi gerakan peduli lingkungan peserta didik di rumah. . Karakter yang demikan ini ditandai dengan nilai seperti reflektif, percaya diri, rasional, logis, kritis, analitis, kreatif dan inovatif, dalam kecakapan hidup. Tim Adiwiyata untuk mengefektifkan proses pembelajaran home learning yang berkelanjutan dan berkesinambungan, maka dipilihlah program Jumpalitan yang pelaksanaan seminggu sekali pada hari Jum’at yang dilakukan di rumah masing-masing. Pembelajaran daring Adiwiyata pada masa pandemi covid19 ini. , menggunakan Goole Clasroom, Microsoft Teams dan WhatsApp (WA).Pelaksanaan pembelajaran daring Adiwiyata di mulai pertengahan bulan Maret 2020 s.d penerimaan raport tanggal 20 Juni 2020. Gerakan PBLHS diaplikasikan di rumah setiap kader Adiwiyata melakukan kegiatan pada hari jum’at dirumah dengan mengisi jurnal kegiatan dan foto kegiatan dikirim melalui WhatsAPP ke grup Adiwiyata untuk didokumentasikan.

Tim Adiwiyata memperingati Hari Bumi ( 22 April 2020 ) , pada masa pandemi ini memberikan tugas secara online kepada tim pokja tentang kegiatan dalam memperingati Hari Bumi di rumah sendiri. Tugas setiap pokja di kirim ke Tim Adiwiya dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam melestarikan bumi. Adapun tugas di rumah mengisi jurnal kegiatan dan foto satu kegiatan yang harus dipilih oleh siswa .

Adapun tugas kegiatan siswa :

  1. Memilah sampah organic dan anorganik
  2. Mendaur ulang sampah anorganik
  3. Poster tentang Hari Bumi di masa pandemi covid 19

Hari Lingkungan Hidup ( 5 Juni 2020 ), pada masa pandemi ini memberikan tugas secara online kepada tim pokja tentang kegiatan di rumah dalam melestarikan lingkungan di rumah sendiri. Tugas setiap pokja di kirim ke Tim Adiwiya dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam melestarikan lingkungan. Adapun tugas di rumah mengisi jurnal kegiatan dan foto satu kegiatan yang harus dipilih oleh siswa .

Adapun tugas kegiatan siswa :

  1. Menuliskan prokol kesehatan di masa pandemi covid 19
  2. Menanam dan merawat tanaman
  3. Poster tentang lingkungan hidup di masa pandemi covid 19

Pelaksanaan pembelajaran daring Adiwiyata di mulai pertengahan bulan Maret 2020 s.d penerimaan raport tanggal 20 Juni 2020, dilakukan setiap hari Jum’at dengan mengambil kegiatan yang bertema tentang : pemilahan sampah, menerapkan protokol kesehatan , membuat daur ulang sampah menjadi barang ekonomis, membuat puisi tentang lingkungan, menanam atau merawat pohon / bunga, membuat kliping tentang lingkungan, membersihkan lingungan di rumah, , membuat poster sederhana tentang lingkungan.




View all comments

Write a comment