Memperingati Hari Lahan Basah Sedunia

By SMP Negeri 2 Kraksaan 18 Jun 2020, 10:22:37 WIB Pendidikan
Memperingati Hari Lahan Basah Sedunia

Gambar : Penanaman Mangrove


Pada Senin, 3 Februari 2020  kemarin, SMP Negeri 2 Kraksaan  mengadakan kegiatan peringatan Hari Lahan Basah Sedunia 2020 di kawasan tambak desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan Kab. Probolinggo, Jatim.

Acara yang mengambil tema “ Lahan Basah dan Perubahan Iklim” ini diikuti oleh setidaknya 100 peserta dari kalangan Pemerintah Desa Kali Buntu , SMP Negeri 2 Kraksaan, masyarakat desa Kalibuntu.  Acara Kegiatan penanaman dan eduwisata mangrove, dalam hal ini untuk menjaga dan memelihara lahan basah yang ada di sekitar Desa Kalibuntu , khususnya dalam menghadapi perubahan iklim yang ekstrim.

Dalam sambutannya, Bpk Miswagiyanto, MPd. ( Kepala Sekolah SMP N 2 Kraksaan ) “ menyebutkan bahwa lahan basah memiliki peran yang penting bagi manusia dalam menghadapi perubahan iklim. Misalnya saja mangrove, sebagai salah satu ekosistem lahan basah, berdasarkan hasil penelitian dibuktikan mampu memitigasi perubahan Iklim. “Kemampuan ekosistem mangrove dalam menyimpan karbon sangat tinggi dibandingkan ekosistem lainnya, yakni setidaknya tiga kali lipat dari

Beliau menambahkan bahwa ekosistem mangrove juga berperan dalam meningkatkan kemampuan masyarakat untuk beradaptasi terhadap bencana yang ditimbulkan oleh perubahan iklim, seperti naiknya permukaan air laut, gelombang ekstrim, banjir rhob, maupun abrasi yang dikuti dengan instrusi air laut.

Melalui peringatan  ini  kalangan pemerintah, masyarakat, guru dan siswa SMP N 2 Kraksaan , beliau mengajak siswa bisa menjaga dan melestarikan mangrove sebagai salah satu ekosistem lahan basah dan menjadikan budaya peduli lingkungan




Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini