Panen Sayur dan Penaburan Bibit Lele dalam Peringatan Hari Puspa dan Satwa Nasional

By SMP Negeri 2 Kraksaan 19 Mar 2020, 10:44:06 WIB Pendidikan
Panen Sayur dan Penaburan Bibit Lele dalam Peringatan Hari Puspa dan Satwa Nasional

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI ) menjelaskan bahwa hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional tahun 2019 untuk meningkatkan kepedulian , upaya perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan secara berkelanjutan untuk kehidupan manusia.

Perlindungan tumbuhan dan satwa ini bisa berupa kebijakan dan program pada tingkat daerah maupun nasional.LIPI mengakui memang tidak mudah membangun kesadaran dan kecintaan masyarakat pada flora dan fauna. Melalui Hari Cinta Puspa dan Satwa hal ini akan didorong terus.

Momen ini akan terus dikampanyekan kepada masyrakat agar masyarakat dapat ikut serta menjaga kelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia. Indonesia merupakan salah satu Negara dengan species puspa dan satwa yang beragam, bahkan LIPI menduga keanekaragaman ini masih akan berterus bertambah dengan penemuan-penemuan jenis baru.

Pada 4 November 2019, LIPI melaporkan penelitian mereka telah menemukan dua species baru anggrek yaitu Dendrobium nagataksada dari propensi Papua Barat dan Eulophia Lagaligodari Sulawesi Selatan dan sudah diterbitkan pada jurnal Ilmiah Internasional Phytotaxa pada bulan September 2019. Pada bulan Oktober 2019 juga menulis penemuan baru satwa yakni Katak tanduk Kalimantan dan Kodok Wayang, Burung pemakan madu yang berasal dari alor merupakann jenis baru dari Myzomela Prawiradilagae. Dalam catatan LIPI penemuan jenis burung genus Myzomela bertambah menjadi 20 jenis.

Melalui kegiatan hari Puspa dan  Satwa Nasional akan memberikan wawasan baru terhadap siswa dalam menjaga flora dan fauna disekitar sekolah juga dimasyarakat  yang akan memberikan sumbangsih terhadap perkembangan di disekolah, khususnya di SMP Negeri 2 Kraksaan.

Adapun tujuannya mendidik siswa –siswi agar selalu berbudaya dalam :

  1. Menumbuhkan Kepedulian terhadap puspa ( bunga )
  2. Menumbuhkan Kepedulian satwa.

Kegiatan tersebut adalah :

  1. Edukasi hari puspa dan satwa nasional dilakukan di lapangan upacara oleh Kepala sekolah dan Komite
  2. Panen sayur sawi di greenhouse
  3. Penaburan bibit lele oleh tim pokja kolam



Write a comment

Ada 5 Komentar untuk Berita Ini