Pengumuman Lomba Memperingati Hari Ozon Tahun 2020

By SMP Negeri 2 Kraksaan 29 Sep 2020, 13:39:05 WIB Kesehatan
Pengumuman Lomba Memperingati Hari Ozon Tahun 2020

Salah satu zat utama yang bertanggung jawab terhadap kerusakan lapisan ozon adalah unsur Klorin (Cl) yang dikenal sebagai zat CFC (Chlorofluorocarbon). Unsur ini secara luas digunakan sebagai cairan pendingin (refrigerant) pada freezer, lemari es, AC ruangan, dan mesin pendingin lainnya, kaleng semprot untuk pengharum ruangan, penyemprot rambut atau parfum, bahan pelarut, busa pengembang..

Rusaknya lapisan ozon di stratosfer semakin banyak sinar UV yang mencapai bumi. Hal ini sangat berbahaya terhadap kelangsungan makhluk hidup di bumi. Sinar ultraviolet dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kanker kulit, penyakit katarak pada mata, dan rusaknya sistem imunisasi tubuh dan perusakan sel-sel hidup pada manusia dan hewan. Kehidupan laut, ekosistem, dan hutan pun akan terganggu bila volume sinar ultra ungu melebihi batas normal. Selain itu berkurangnya lapisan ozon menyebabkan musim dingin menjadi bertambah dingin di Kutub Utara.

Di masa pandemi ini Tim Adiwiyata terus berupaya mengaktifkan upaya bagaimana menanamkan karakter peduli lingkungan terhadap siswa terus berlanjut tentunya secara virtual. Kerjasama sekolah dan keluarga di masa pandemi ini merupakan upaya bersama-sama dalam membentuk karakter siswa yang sementara ini siswa lebih banyak berada di rumah. Harapan ini terus dikembangkan dan kolaborasi yang sinergi oleh Tim Adiwiyata SMP Negeri 2 Kraksaan untuk mewujudkan karakter siswa yang peduli lingkungan.Tim Adiwiyata SMP Negeri 2 Kraksaan , Kab. Probolinggo Prov. Jatim., ikut peduli dalam melindungi lapisan ozon. “ Di masa Pandemi Covid ini harus tetap mengadakan peringatan Hari Ozon dengan menggunakan daring “ Ucap tegas P. Miswagiyanto selaku kepala Sekolah . Dari hasil rapat dengan Tim Adiwiyata ( menggunakan protokol kesehatan ) diputuskan ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk berpartisipasi memperingati hari ozon, dengan mengadakan kegiatan lomba secara daring di masa pandemi covid ini yaitu :

  1. Lomba poster “ Larangan Membakar Sampah “
  2. Lomba Vidio Vlog menanan tanaman di pot ( plastik botol bekas )

Tujuan kegiatan ini membiasakan siswa tidak membakar sampah sembarangan , membiasakan siswa menanam pohon / tanaman, dan membiasakan siswa mendaur ulang sampah anorganik ( Recycle ).

Kegiatan ini dilakukan secara daring / online mulai hari Rabu , tgl 16 s.d 29 September 2020 . Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kelas ( 20 kelas ) dengan masing-masing kelas mendaftakan minimal 2 lomba yang diikuti peserta yang berbeda. Teknik pelaksanaan wali kelas memberi tahu ke grup kelas dan mendistribusikan siswa yang mengikuti lomba kepada tim juri lomba. Tim juri menilai dari jumlah peserta menjadi 3 terbaik, kemudian 3 terbaik lomba poster dan 3 terbaik lomba vlog di berikan ke Panitia lomba. Hasil voting menggunakan google form , dikembalikan lagi kepada seluruh warga SMP Negeri 2 Kraksaan untuk memilih urutan 1, 2, dan 3 menggunakan Google Form.




View all comments

Write a comment